TUGAS PENJUMLAHAN DALAM PASCAL Algoritma & Pemrograman
PENJUMLAHAN PASCAL
Whatsapp brother&sister... Ketemu lagi dengan saya Muh. Fahmi Al-qhifari Abdullah :D
Kali ini saya akan memberitahu cara menjumlah dalam PASCAL!
Penasaran? Langsung sja scroll ke bwah yaa!
1. Penjumlahan
Oke jadi saya akan mencoba menjumlah dengan pascal,seperti menambah,mengurang,membagi dan mengkali bilangan,script yang akan saya gunakan yaitu:
Program menghitung_bilangan;
Uses crt;
Var a,b,kali,tambah,kurang:integer;
Bagi:real;
Begin
Clrscr;
write (‘Masukan Jumlah A:’);readln(A);
write (‘Masukan Jumlah B:’);readln(B);
kali:=A*B;
tambah:=A+B;
kurang:=A-B;
bagi:=A/B;
clrscr;
writeln(‘Jumlah A:’,A);
writeln(‘Jumlah B:’,B)
writeln(‘Hasil Perkalian A dan B adalah=’,kali);
writeln(‘Hasil Penjumlahan A dan B adalah=’,tambah);
writeln(‘Hasil Pengurangan A dan B adalah=’,kurang);
writeln(‘Hasil Pembagian A dan B adalah=’,bagi);
end.
Dan akan terlihat seperti ini:
dan kita tekan ALT+F9/KLIK pada icon compile untuk mengecek apabila ada kesalahan kode,jika berhasil akan muncul seperti ini:
jika sudah tercompile maka kita akan RUN program tersebut dengan menekan CRT+F9/KLIK ikon run,dan akan muncul seperti ini:
kalau sudah seperti ini kita diperintahkan untuk menginput Nilai A&B,contohnya kita isikan A = 5 dn B = 2,lalu kita tekan enter mka akan kembali ke tampilan sebelumnya,dan kita tekan ALT+F5 untuk melihat hasil eksekusi dan akan muncul seperti ini:
Ini hasilnya teman teman! jika sudah muncul seperti ini artinya Program telah selesai dan berhasil dijalankan :)
- Flowchart
- Algoritma
- Mulai
- Input nilai A
- Input nilai B
- Kali <---- A*B
- Bagi <--- A/B
- Tambah <---- A+B
- Kurang <---- A-B
- Print hasil Kali,Bagi,Tambah,Kurang
- Selesai
2.Menghitung Luas Permukaan Bola
Oke selanjutnya saya akan menghitung luas permukaan bola dengan pascal,kode yang akan saya gunakan yaitu:
program bola;
uses crt;
var r:integer;
l,v:real;
begin
write('Masukan Panjang Jari-Jari:');readln(r);
l:=4*(22/7)*r*r;
writeln;
writeln('Luas permukaan bola:',l:1:1);
readln;
end.
dan jika kita ketikan pada aplikasi Turbo Pascal akan terlihat seperti ini:
Dan kita akan mengcompile script tsb untuk mengecek kesalahan,dan jika tidak ada kesalahan akan muncul seperti ini:
nah kalau sudah berhasil dicompile,maka kita akan RUN program tsb,dan jika sudah kita run maka akan diperintahkan menginput panjang jari-jari,dan kalau sudah kita input dan kita lihat hasilnya akan terlihat seperti ini:
dan luas permukaan bola akan segera tercetak :)
- Flowchart
- Algoritma
- mulai
- input jari-jari(r)
- phi = 3.14
- lp = 4*phi*r*r
- print luas permukaan bola
- selesai
3.Mencari Luas dan Keliling Lingkaran
oke selanjutnya saya akan mencari Luas dan Keliling lingkaran pada Pascal,kode yang akan say gunakan yaitu:
program lingkaran;
uses crt;
const pi=3.14;
var r:integer;
luas,kel:real;
begin
clrscr;
writeln('Hitunglah Keliling dan Luas Lingkaran')
writeln('++++++++++++++++++++++++++++++')
write ('Jari-Jari:');readln(r);
luas:=pi*r*r;
kel:=2*pi*r;
writeln ('Luas:',luas:2:2);
writeln ('Keliling:',keliling:2:2);
readkey;
end.
dan jika kita ketikan pada aplikasi Turbo Pascal maka akan terlihat seperti ini:
lalu kita akan mengcompile program tsb untuk mengecek jika ada kode kesalahan pada program tsb,jika sudah kita compile dan tidak ada error akan muncul seperti ini:
langkah selanjutnya kita akan RUN program tsb,dan jika kita run maka akan muncul seperti ini:
lalu kita diperintahkan untuk mengisi jari-jari lingkaran tsb,jika kita sudah mengisi jari-jari maka luas dan keliling lingkaran dengan otomatis akan segera ditampilkan
- Flowchart
- Algoritma
- mulai
- read luas,jari-jari,pi
- input jari-jari
- luas= pi*jari_jari*jari_jari
- print luas
- selesai
4.Menghitung Volume Tabung
oke selanjutnya saya akan menghitung volume tabung dengan Pascal! Kode yang akan saya gunakan yaitu:
program tabung;
uses crt;
const phi=3.14;
var r,t,v:real;
begin
write('Masukan Jari-Jari Alas Tabung:');readln(r);
write('Masukan Tinggi Tabung:');readln(t);
v:=phi*r*r*t;
writeln('Volume Tabung:',v:2:2);
writeln('Jadi Volume Tabung Adalah:',v:2:2);
end.
dan jika kita ketikan di aplikasi Turbo Pascal akan terlihat seperti ini::
langkah selanjutnya kita akan mengcompile,seperti biasa,kita akan mengecek jika ada error pada program yang kita ketik,jika tidak ada error maka akan terlihat seperti ini:
jika sudah selesai di compile,maka akan kita RUN program tsb,setelah itu kita diperintahkan untuk mengisi Jari-Jari alas dan tinggi tabung,setelah kita isi maka akan muncul hasil Volume tabung yang akan terlihat seperti ini:
- Algoritma
- mulai
- input jari jari alas tabung
- input tinggi tabung
- v = phi*r*r*t
- print volume tabung
- selesai
5.Menghitung Luas Seigitiga
Oke jadi kita sekarang akan menghitung Luas Segitiga,jadi kode yang akan saya gunaka yaitu:
program iluminati;
uses crt;
var a,t:integer;
i:real;
begin
clrscr;
write('Masukan Alas:');readln(a);
write('Masukan Tinggi:');readln(t);
l:=(a*t)/2;
writeln;
writeln('Luas Segitiga Adalah:',l:6:2);
end.
dan jika kita ketikan pada aplikasi Turbo Pascal akan terlihat seperti ini:
dan seperti biasa kita akan mengcompile untuk mengecek jika ada kode yang salah,jika tidak ada kode yang salah akan terlihat seperti ini:
selanjutnya kita akan RUN program yang sudah kita ketik,setelah kita run kita diperintahkan untuk mengisi alas dan tinggi segitiga,dan jika sudah kita input maka akan muncul hasil luas segitiga yang akan terlihat seperti ini:
- Algoritma
Hai bloggers! Ketemu lagi dengan saya Muh. Fahmi Al-qhifari Abdullah :D
Kali ini saya akan memberitahu cara menjumlah dalam PASCAL!
Penasaran? Langsung sja scroll ke bwah !
1. Penjumlahan
Oke jadi saya akan mencoba menjumlah dengan pascal,seperti menambah,mengurang,membagi dan mengkali bilangan,script yang akan saya gunakan yaitu:
Program menghitung_bilangan;
Uses crt;
Var a,b,kali,tambah,kurang:integer;
Bagi:real;
Begin
Clrscr;
write (‘Masukan Jumlah A:’);readln(A);
write (‘Masukan Jumlah B:’);readln(B);
kali:=A*B;
tambah:=A+B;
kurang:=A-B;
bagi:=A/B;
clrscr;
writeln(‘Jumlah A:’,A);
writeln(‘Jumlah B:’,B)
writeln(‘Hasil Perkalian A dan B adalah=’,kali);
writeln(‘Hasil Penjumlahan A dan B adalah=’,tambah);
writeln(‘Hasil Pengurangan A dan B adalah=’,kurang);
writeln(‘Hasil Pembagian A dan B adalah=’,bagi);
end.
Dan akan terlihat seperti ini:
dan kita tekan ALT+F9/KLIK pada icon compile untuk mengecek apabila ada kesalahan kode,jika berhasil akan muncul seperti ini:
jika sudah tercompile maka kita akan RUN program tersebut dengan menekan CRT+F9/KLIK ikon run,dan akan muncul seperti ini:
kalau sudah seperti ini kita diperintahkan untuk menginput Nilai A&B,contohnya kita isikan A = 5 dn B = 2,lalu kita tekan enter mka akan kembali ke tampilan sebelumnya,dan kita tekan ALT+F5 untuk melihat hasil eksekusi dan akan muncul seperti ini:
Ini hasilnya teman teman! jika sudah muncul seperti ini artinya Program telah selesai dan berhasil dijalankan :)
- Flowchart
- Algoritma
- Mulai
- Input nilai A
- Input nilai B
- Kali <---- A*B
- Bagi <--- A/B
- Tambah <---- A+B
- Kurang <---- A-B
- Print hasil Kali,Bagi,Tambah,Kurang
- Selesai
2.Menghitung Luas Permukaan Bola
Oke selanjutnya saya akan menghitung luas permukaan bola dengan pascal,kode yang akan saya gunakan yaitu:
program bola;
uses crt;
var r:integer;
l,v:real;
begin
write('Masukan Panjang Jari-Jari:');readln(r);
l:=4*(22/7)*r*r;
writeln;
writeln('Luas permukaan bola:',l:1:1);
readln;
end.
dan jika kita ketikan pada aplikasi Turbo Pascal akan terlihat seperti ini:
Dan kita akan mengcompile script tsb untuk mengecek kesalahan,dan jika tidak ada kesalahan akan muncul seperti ini:
nah kalau sudah berhasil dicompile,maka kita akan RUN program tsb,dan jika sudah kita run maka akan diperintahkan menginput panjang jari-jari,dan kalau sudah kita input dan kita lihat hasilnya akan terlihat seperti ini:
dan luas permukaan bola akan segera tercetak :)
- Flowchart
- Algoritma
- mulai
- input jari-jari(r)
- phi = 3.14
- lp = 4*phi*r*r
- print luas permukaan bola
- selesai
3.Mencari Luas dan Keliling Lingkaran
oke selanjutnya saya akan mencari Luas dan Keliling lingkaran pada Pascal,kode yang akan say gunakan yaitu:
program lingkaran;
uses crt;
const pi=3.14;
var r:integer;
luas,kel:real;
begin
clrscr;
writeln('Hitunglah Keliling dan Luas Lingkaran')
writeln('++++++++++++++++++++++++++++++')
write ('Jari-Jari:');readln(r);
luas:=pi*r*r;
kel:=2*pi*r;
writeln ('Luas:',luas:2:2);
writeln ('Keliling:',keliling:2:2);
readkey;
end.
dan jika kita ketikan pada aplikasi Turbo Pascal maka akan terlihat seperti ini:
lalu kita akan mengcompile program tsb untuk mengecek jika ada kode kesalahan pada program tsb,jika sudah kita compile dan tidak ada error akan muncul seperti ini:
langkah selanjutnya kita akan RUN program tsb,dan jika kita run maka akan muncul seperti ini:
lalu kita diperintahkan untuk mengisi jari-jari lingkaran tsb,jika kita sudah mengisi jari-jari maka luas dan keliling lingkaran dengan otomatis akan segera ditampilkan
- Flowchart
- Algoritma
- mulai
- read luas,jari-jari,pi
- input jari-jari
- luas= pi*jari_jari*jari_jari
- print luas
- selesai
4.Menghitung Volume Tabung
oke selanjutnya saya akan menghitung volume tabung dengan Pascal! Kode yang akan saya gunakan yaitu:
program tabung;
uses crt;
const phi=3.14;
var r,t,v:real;
begin
write('Masukan Jari-Jari Alas Tabung:');readln(r);
write('Masukan Tinggi Tabung:');readln(t);
v:=phi*r*r*t;
writeln('Volume Tabung:',v:2:2);
writeln('Jadi Volume Tabung Adalah:',v:2:2);
end.
dan jika kita ketikan di aplikasi Turbo Pascal akan terlihat seperti ini::
langkah selanjutnya kita akan mengcompile,seperti biasa,kita akan mengecek jika ada error pada program yang kita ketik,jika tidak ada error maka akan terlihat seperti ini:
jika sudah selesai di compile,maka akan kita RUN program tsb,setelah itu kita diperintahkan untuk mengisi Jari-Jari alas dan tinggi tabung,setelah kita isi maka akan muncul hasil Volume tabung yang akan terlihat seperti ini:
- Algoritma
- mulai
- input jari jari alas tabung
- input tinggi tabung
- v = phi*r*r*t
- print volume tabung
- selesai
5.Menghitung Luas Seigitiga
Oke jadi kita sekarang akan menghitung Luas Segitiga,jadi kode yang akan saya gunaka yaitu:
program iluminati;
uses crt;
var a,t:integer;
i:real;
begin
clrscr;
write('Masukan Alas:');readln(a);
write('Masukan Tinggi:');readln(t);
l:=(a*t)/2;
writeln;
writeln('Luas Segitiga Adalah:',l:6:2);
end.
dan jika kita ketikan pada aplikasi Turbo Pascal akan terlihat seperti ini:
dan seperti biasa kita akan mengcompile untuk mengecek jika ada kode yang salah,jika tidak ada kode yang salah akan terlihat seperti ini:
selanjutnya kita akan RUN program yang sudah kita ketik,setelah kita run kita diperintahkan untuk mengisi alas dan tinggi segitiga,dan jika sudah kita input maka akan muncul hasil luas segitiga yang akan terlihat seperti ini:
- Algoritma
Komentar
Posting Komentar