Tugas 1 ALGORITMA PEMROGRAMAN II
Pascal
apa itu pascal?
Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang sering dipakai untuk belajar algoritma dan pemrograman bagi pemula terutama di bidang akademis.
Saat ini pascal juga masih menjadi bahasa pemrograman standar untuk lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer. Selain itu, mayoritas jurusan komputer di Indonesia juga menggunakan bahasa Pascal di tahun pertama bangku kuliah.
Nama Pascal diambil dari ahli matematika Prancis abad pertengahan, Blaise Pascal. Bahasa Pemrograman Pascal dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1970 dan mencapai puncak kepopulerannya di pada era 1970 hingga awal 1990an (terutama dengan compiler Turbo Pascal).
Pascal sempat menjadi bahasa pemrograman utama dalam pengembangan Apple Lisa, yakni cikal bakal sistem operasi Apple Macintosh, dan Apple pernah merilis sistem operasi Apple Pascal. Photoshop versi pertama juga dibuat menggunakan bahasa Pascal.
Bahasa Pascal menerapkan konsep procedural dan structured programming yang baik, sehingga pas untuk belajar konsep programming. Perintah Pascal mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write, dan read.
PERINTAH DALAM PASCAL
PERINTAH DALAM PASCAL
- Read/Readln [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard ke dalam suatu variabel.
Sintaks: Read/Readln(x);
- ReadKey [fungsi].
Untuk pembacaan sebuah karakter dari keyboard. Tipe data yang dihasilkan adalah char.
Sintaks: ReadKey;
- Write/Writeln [prosedur].
Digunakan untuk menampilkan isi dari suatu nilai variable di layar.
Sintaks: Write/Writeln(x);
- ClrScr [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk membersihkan layar.
sintaks: ClrScr; ..[Clear screen]
- GotoXY[prosedur].
Untuk menempatkan posisi kursor pada layar.
Sintaks: GotoXY(X, Y: Byte);
- DelLine [prosedur].
Untuk menghapus sebuah baris pada posisi kursor dan menaikkan baris-baris dibawahnya.
Sintaks: DelLine;
- InsLine [prosedur].
Untuk menyisipkan sebuah baris pada posisi kursor dan menggeser kebawah tampilan-tampilan baris dibawahnya.
Sintaks: InsLine;
- Delay [prosedur].
Untuk menghentikan sejenak proses program.
Sintaks: Delay (MS: Word);
- ConCat[fungsi].
Untuk menggabungkan 2 atau beberapa variabel string.
Sintaks: ConCat (s1 [,s2,…,sn]: String) : String;
- Copy [fungsi].
Mengambil satu atau beberapa karakter dari sebuah string.
Sintaks: Copy (S,Index,Count) : String;
- Delete [prosedur].
Menghapus sebagian karakter dari sebuah string.
Sintaks: Delete (S,Index,Count);
- Insert [prosedur].
Menyisipkan satu atau beberapa karakter ke dalam sebuah string.
Sintaks: Insert (Source,var S,Index);
- Length [fungsi].
Memberikan nilai panjang dari suatu string (jumlah karakter dalam string).
Sintaks: Length (S);
- Pos [fungsi].
Mencari posisi sebuah bagian string (substring) didalam sebuah string.
Sintaks: Pos (Substr,S); {menghasilkan nilai Byte}
- Str [prosedur].
Merubah nilai numerik ke dalam nilai string.
Sintaks: Str (N,S);
- UpCase [fungsi].
Memberikan huruf kapital dari argumen.
Sintaks: UpCase (S);
- Abs [fungsi].
Memberikan nilai mutlak dari suatu argumen.
Sintaks: ABS(x);
- ArcTan[fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi arctangent dari perhitungan goniometri.
Sintaks: ArcTan (x);
- Cos [fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi Cosinus.
Sintaks: Cos (x);
- Exp [fungsi].
Menghitung nilai pangkat dari bilangan e,yaitu sebesar x.
Sintaks: Exp (x);
- Frac [fungsi].
Untuk mendapatkan nilai pecahan dari suatu bilangan.
Sintaks: Frac (x);
- Int [fungsi].
Memberikan nilai integer (bilangan bulat) dari suatu variabel
dengan membuang bilangan di belakang koma.
Sintaks: Int (X);
- Ln [fungsi].
Digunakan untuk menghitung nilai logaritma alam (natural
logarithm) dari nilai x.
Sintaks: Ln (x);
- Sin [fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi Sinus.
Sintaks: Sin (x);
- Sqr [fungsi].
Digunakan untuk menghitung nilai pangkat kuadrat dari suatu
bilangan.
Sintaks: Sqr (x);
Tipe dari x bisa berupa real maupun integer. Dan hasilnya a-
kan sama dengan tipe dari x.
- Sqrt (fungsi).
Digunakan untuk menghitung nilai akar dari suatu bilangan.
Sintaks: Sqrt (x);
- Chr [fungsi].
Merubah nilai dari byte ke bentuk karakter yang sesuai dengan kode ASCII.
Sintaks: Chr (x);
- Ord [fungsi].
Merubah nilai suatu variabel dari bentuk karakter ke bentuk longint.
Sintaks: Ord (x);
- Round [fungsi].
Membulatkan data tipe real ke data tipe longint.
Sintaks: Round (x);
- TRUNC [fungsi].
Membulatkan kebawah data tipe real ke data tipe longint.
Sintaks: Trunc (x);
- Pred [fungsi].
Memberikan nilai sebelum nilai argumen dalam urutannya dalam ASCII.
Sintaks: Pred (x);
- Succ [fungsi].
Memberikan nilai sesudah nilai argumen dalam urutannya dalam ASCII.
Sintaks: Succ (x);
- Inc[fungsi].
Menambah (increments) nilai suatu variabel.
Sintaks: Inc (x,i); {i >= 1}
- Dec [fungsi].
Mengurangi (decrements) nilai suatu variabel.
Sintaks: DEC(x,i); {i >=1}
- TextColor [prosedur].
Untuk mengatur warna dari karakter-karakter di layar.
Sintaks: TextColor (color : Byte);
- TextBackGround [prosedur].
Untuk mengatur warna latar belakang dari karakter-karakter di layar.
Sintaks: TextBackGround (Color : Byte);
- Window [prosedur].
Untuk membuat suatu jendela (window) yang terletak pada layar.
Sintaks: Window (x1,x2,y1,y2 : Byte);
- TextMode [prosedur].
Untuk mengatur lebar layar, 80 kolom atau 40 kolom.
Sintaks: TextMode(Mode: Byte);
Default = C80
- Sound [prosedur].
Untuk mengaktifkan suara (beep) pada internal speaker.
Sintaks: Sound (Hz : word);
Untuk mengnonaktifkannya, gunakan statemen NoSound.
Variabel
Variabel adalah ‘penanda’ identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Nilai tersebut dapat diubah sepanjang kode program. Secara teknis, variabel merujuk kepada suatu alamat di memory komputer. Setiap variabel memiliki nama yang sebagai identitas variabel tersebut.
Dalam matematika, konsep variabel biasanya menggunakan x atau y, seperti persamaan berikut:
x = y + 2
Disini, nilai ‘x’ dan ‘y’ bisa diisi dengan angka apapun (walaupun dalam persamaan diatas, nilai xbergantung kepada nilai y).
Di dalam pemrograman, nilai variabel bisa berubah dari waktu ke waktu, tergantung kebutuhkan. Sebagai contoh, jika saya membuat program menghitung luas lingkaran, saya bisa membuat variabel ‘jari2’ dan mengisinya dengan nilai ‘7’, kemudian di dalam kode program, saya bisa mengubah nilainya menjadi ‘8’, ‘10’ atau ‘1000’.
Jenis-Jenis Tipe Data dalam Algoritma
Tipe data Integer (bilangan bulat)
Integer adalah tipe data untuk mengolah bilangan bulat, beberapa nama tipe data bilangan bulat sesuai dengan kapasitasnya adalah sebagai berikut:
Tipe data | Ukuran | Tempat Rentang Nilai |
---|---|---|
Byte | 1 Byte | 0 s/d +255 |
Shortint | 1 Byte | -28 s/d +127 |
Integer | 2 Byte | -32768 s/d 32767 |
Word | 2 Byte | 0 s/d 65535 |
Longint | 4 Byte | 2147483648 s/d 2147483647 |
Format deklarasi tipe data integer
var nama_variable : jenis_tipe_data_integer
contoh:
var total : Longint
Tipe data Real (Bilangan Pecahan)
Sedangkan untuk mengolah angka pecahan maka tipe datanya dibagi lagi kedalam beberapa jenis sesuai dengan kapasitas ukurannya, sebagai berikut:
Tipe data | Ukuran | Tempat Rentang Nilai |
---|---|---|
Real | 6 Byte | 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038 |
Single | 4 Byte | 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038 |
Double | 8 Byte | 5.0 x 10-324 s/d 1.7 x10308 |
Extended | 10 Byte | 3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932 |
Comp | 8 Byte | 3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932 |
Format deklarasi variable real :
var nama_variable:jenis_tipe_data_real
Contoh:
var luas:Real
2. Tipe Boolean
Tipe data boolean adalah tipe data yang dapat digunakan untuk menampung nilai TRUE atau FALSE saja, tipe data ini dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kapasitasnya:Tipe data | Ukuran Tempat |
---|---|
Boolean | 1 Byte |
WordBool | 2 Byte |
LonggBool | 3 Byte |
Tipe data ini digunakan jika jenis data atau nilai yang ingin ditampung oleh variable adalah tulisan atau text. Jenis tipe data ini adalah String
Format deklarasi variable boolean:
var nama_variable:boolean
4. Array Atau Larik
Tipe data ini digunakan untuk mengolah banyak sekali variable tapi memiliki tipe data yang sama, larig digunakan tujuannya adalah untuk mempermudah proses penulisan program dan mempersingkat kode program
Format deklarasi variable array:
var nama_variable: array[size] of tipe_data
Size bisa kita isi dengan angka yang mendefinisikan jumlah array.
contoh array dengan kapasitas 10 dimulai dari 0:
var data_siswa:array[10]of String
contoh array dengan kapasitas 10 dimulai dari 2
var data_siswa:array[2..10]of String
Penjelasan lebih detail tentang array, silahkan baca array 2 dimensi dan 1 dimensi dalam algoritma
Deklarasi Variable
Variable dalam program sebelum digunakan dalam proses program, maka variable tersebut perlu dideklarasikan atau disebutka
Gambar dibawah ini memperlihatkan jenis-jenis tipe data dan pembagiannya (sumber: tutorialspoint.com):
Contoh 1.1 penggunaan variabel dalam Bahasa Pascal :
program Contoh_Penggunaan_Variabel; | |
var | |
A, B, C : Integer; | |
begin | |
A := 3; | |
B := 5; | |
C := A + B; {hasil : 8} | |
end. |
Contoh 1.2 penggunaan variabel dalam Notasi Algoritma :
ruas kiri (A, B, C) adalah variabel
ruas kanan (3, 5, A + B) adalah nilai yang akan dimasukkan ke variabel.
wilayah kamus atau var adalah tempat anda mendeklarasikan variabel (menciptakan variabel) sebelum digunakan.
ruas kanan (3, 5, A + B) adalah nilai yang akan dimasukkan ke variabel.
wilayah kamus atau var adalah tempat anda mendeklarasikan variabel (menciptakan variabel) sebelum digunakan.
Dari contoh diatas, kita bisa menyimpulkan variabel adalah tempat menyimpan data sementara yang nantinya bisa digunakan untuk diproses kembali. Data yang dimasukkan ke variabel nantinya akan disimpan ke dalam memori.
Flowchart
Flowchart adalah urutan proses kegiatan yang digambarkan dalam bentuk simbol. Flowchart (bagan alir) juga didefinisikan sebagai diagram yang menyatakan aliran proses dengan menggunakan anotasi- anotasi semisal persegi, panah, oval, wajik dll.
Penggunaan flowchart sangat penting, Bahkan Dr. Kauro Ishikawa seorang ahli teori organisasi, menjadikannya sebagai 1 dari 7 alat kualitas dasar (7 basic quality tools) yang harus dikuasai para anggota Quality Control Circle atau gugus kendali kualitas.
Melalui flowchart, kita bisa melihat langkah-langkah proses secara mendetail, lengkap dengan aktivitas yang terjadi. Flowchart banyak dipergunakan sebagai alat komunikasi dan dokumentasi.
Fungsi Flowchart
Flowchart program memiliki 4 fungsi, keempat fungsi flowchart tersebut antara lain
1. Memastikan Program Memiliki Alurnya Sendiri
Flowchart dapat membantu programmer untuk melihat alur atau pola ketika akan mem-build sebuah program/aplikasi. Dengan demikian, dapat mencegah malfungsi dari program komputer yang sedang dibuat. Program atau aplikasi yang dihasilkan pun dapat bekerja secara optimal.
Flowchart dapat membantu programmer untuk melihat alur atau pola ketika akan mem-build sebuah program/aplikasi. Dengan demikian, dapat mencegah malfungsi dari program komputer yang sedang dibuat. Program atau aplikasi yang dihasilkan pun dapat bekerja secara optimal.
2. Melihat Keseluruhan Program
Flowchart membantu Anda melihat rangkaian program secara keseluruhan (universal). Hal ini akan memudahkan siapa pun untuk melihat rancangan suatu program, tak terbatas bagi programmer saja.
3. Melihat Proses dari Sebuah Program Ketika Dijalankan
Ini masih ada kaitannya dengan fungsi flowchart pada poin kedua. Flowchart program dapat digunakan untuk melihat proses-proses yang akan terjadi ketika program dijalankan.
Ini masih ada kaitannya dengan fungsi flowchart pada poin kedua. Flowchart program dapat digunakan untuk melihat proses-proses yang akan terjadi ketika program dijalankan.
Artinya, Anda bisa melihat penjelasan dari setiap proses di dalam program. Misalnya saja ketika akan membuat aplikasi neraca keuangan.
Di dalam neraca keuangan misalnya saja terdapat input penjualan. Nah, melalui flowchart program Anda bisa melihat bagaimana input penjualan diperoleh, lengkap dengan dari mana data itu didapatkan.
4. Pedoman dalam Menyusun atau Mengembangan Aplikasi
Fungsi flowchart program selanjutnya ialah menjadi pedoman dalam menyusun atau mengembangkan aplikasi. Hampir sama dengan fungsi flowchart pada umumnya, flowchart program juga dapat digunakan untuk melihat alur/tahapan proses sebuah program..
Fungsi flowchart program selanjutnya ialah menjadi pedoman dalam menyusun atau mengembangkan aplikasi. Hampir sama dengan fungsi flowchart pada umumnya, flowchart program juga dapat digunakan untuk melihat alur/tahapan proses sebuah program..
Lengkap dengan kegiatan yang terjadi. Hal ini tentu akan banyak membantu pada saat pembuatan/pengembangan sebuah program.
Simbol Simbol Flowchart Beserta Fungsinya
Flowchart memiliki simbol- simbol tersendiri dari setiap anotasi- anotasi geometri yang digunakan. Beberapa simbol flowchart sering digunakan dalam pembuatan sebuah sistem, sedangkan lainnya jarang digunakan, kecuali dalam pembuatan proses yang komplek dan rumit.
Terminal Point Symbol / Simbol Titik Terminal menunjukkan permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu proses. | |
Flow Direction Symbol / Simbol Arus adalah simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain (connecting line). Simbol ini juga berfungsi untuk menunjukkan garis alir dari proses. | |
Processing Symbol / Simbol Proses digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh komputer. Pada bidang industri (proses produksi barang), simbol ini menggambarkan kegiatan inspeksi atau yang biasa dikenal dengan simbol inspeksi | |
Decision Symbol / Simbol Keputusan merupakan simbol yang digunakan untuk memilih proses atau keputusan berdasarkan kondisi yang ada. Simbol ini biasanya ditemui pada flowchart program. | |
Input-Output / Simbol Keluar-Masuk menunjukkan proses input-output yang terjadi tanpa bergantung dari jenis peralatannya. | |
Predefined Process / Simbol Proses Terdefinisimerupakan simbol yang digunakan untuk menunjukkan pelaksanaan suatu bagian prosedur (sub-proses). Dengan kata lain, prosedur yang terinformasi di sini belum detail dan akan dirinci di tempat lain | |
Connector (On-page) Simbol ini fungsinya adalah untuk menyederhanakan hubungan antar simbol yang letaknya berjauhan atau rumit bila dihubungkan dengan garis dalam satu halaman | |
Connector (Off-page) Sama seperti on-page connector, hanya saya simbol ini digunakan untuk menghubungkan simbol dalam halaman berbeda. label dari simbol ini dapat menggunakan huruf atau angka | |
Preparation Symbol / Simbol Persiapan merupakan simbol yang digunakan untuk mempersiapkan penyimpanan di dalam storage. | |
Manual Input Symbol digunakan untuk menunjukkan input data secara manual menggunakan online keyboard. | |
Manual Operation Symbol / Simbol Kegiatan Manual digunakan untuk menunjukkan kegiatan/proses yang tidak dilakukan oleh komputer. | |
Document Symbol Jika Anda menemukan simbol ini artinya input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas, atau output yang perlu dicetak di atas kertas. | |
Multiple Documents sama seperti document symbol hanya saja dokumen yg digunakan lebih dari satu dalam simbol ini | |
Display Symbol adalah simbol yang menyatakan penggunaan peralatan output, seperti layar monitor, printer, plotter dan lain sebagainya | |
Delay Symbol sesuai dengan namanya digunakan untuk menunjukkan proses delay (menunggu) yang perlu dilakukan. Seperti menunggu surat untuk diarsipkan dll | |
Movement Symbol menunjukkan suatu proses pemindahan (movement), misalnya saja pemindahan material , pengangkatan barang dan sebagainya. | |
Storage | |
Collate | |
Sort | |
Merge | |
Database | |
Internal Storage |
Komentar
Posting Komentar